Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , , , » Wisata Budaya Desa Sambori Kab. Bima, Bagian II

Wisata Budaya Desa Sambori Kab. Bima, Bagian II


Aktivitas Budaya Desa Sambori
Tujuan dari analisa peluang atraksi wisata berdasarkan klasifikasi atraksi obyek wisata seperti yang ditunjukkan di tabel 5.3. Analisa ini untuk memformulasikan konsep pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan yang tujuannya diterapkan pada masing-masing obyek wisata. Untuk lebih jelasnya terkait jenis aktivitas budaya masyarakat Sambori dapat dilihat pada tabel 5.2 dibawah ini.

Tabel Potensi Aktivitas Budaya Desa Sambori
No
Obyek Wisata
Kategori
Jenis Kegiatan Wisata
1
Rasa:
·  Woha’arak
·  So
·  Bangga
·  Oma
Alam
Pola bermukim yang sesuai dengan karakter dan adat masyarakar Sambori itu sendiri, hanya saja diperlukan pengadaan fasilitas umum untuk wisatawan dan perbaikan sarana yang sudah ada, baik itu fasilitas yang dimiliki oleh masyarakat maupun milik pemerintah.
2
Uma Lengge
Bangunan
Uma lengge merupakan rumah adat atau bangunan tradisional masyarakat Sambori yang dulunya merupakan tempat penyimpanan hasil panen dan juga sebagai tempat tinggal msayarakat Sambori.
3
Jompa
Bangunan
Hampir sama dengan uma lengge, jompa berada di dusun Lengge (sambori awa/lama), merupakan rumah adat atau bangunan tradisional masyarakat Sambori tempat penyimpanan hasil panen.
4
Tari Kalero
Tari-tarian
Kalero, yaitu jenis tari upacara untuk menghormati arwah leluhur serta agar anak cucunya yang masih hidup dijauhkan dari bencana.
5
Mpa’a Manca
Tari-tarian
Tarian ini bisa dilakukan pada saat menyambut wisatawan yang datang di desa sambori, jadi di pintu masuk desa dibutuhkan tempat (lahan) untuk atraksi tarian ini.
6
Mpa’a Lanca (Adu Betis)
Atraksi
Mpa’a lanca adalah sebuah atraksi adu betis, dalam pengembangannya disini, atraksi ini bisa di arahkan sebagai hiburan buat wisatawan di dusun Lambitu.
7
Kareku Kandei
Atraksi
Kareku kandei adalah jenis atraksi yang tidak sewaktu-waktu dilaksanakan, karena atraksi ini dilakukan oleh masyarakat Sambori khususnya para wanita ketika musim panen. Wisatawan bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 
8
Ntumbu
Atraksi
Sama seperti Mpa’a lanca atraksi ini merupakan atraksi kekuatan fisik dengan mendagu kepala para penarinya. Atraksi ini bisa di arahkan sebagai hiburan buat wisatawan.
9
Balaleha
Atraksi
Belaleha merupakan seni musik vokal yang tertua. Seni vokal ini berisikan doa dan pengharapan agar tanah dan negeri, keluarga dan  masyarakat senantiasa mendapat perlindungan dari Sang Khalik dan dijauhkan dari bencana
10
Gantao
Atraksi
Gantao adalah salah satu atraksi beladiri tradisional masyarakat sambori. Atraksi ini serupa dengan pencak silat.
11
Arugele
Atraksi
Arugele dilakukan di sawah ketika memulai melakukan kegiatan pertanian. Atraksi ini bisa dilaksanakan berbarengan dengan upacara Pamali Manggodo (buka lahan pertanian).
12
Bola La Mbali dan Mangge Ila
Upacara Adat
Upacara adat ini kondisional sifatnya, karena dilaksanakan kalau ada orang yang sedang sakit. Jadi dalam perencanaannya wisatawan bisa melihat upacara ini ketika ada salah satu atau beberapa orang dari masyarakat sambori mengalami sakit.
13
Pamali Manggodo
Upacara adat
Pamali Manggodo dilakukan di sawah ketika memulai melakukan kegiatan pertanian dan ketika memanen hasil pertanian. Atraksi ini bisa dilaksanakan berbarengan dengan Arugele.
14
Mpa’a Ngge’e Dan Kali Amba
Permainan
Permainan rakyat ini bisa dilaksanan khususnya untuk anak-anak. Wisatawan membawa anak ketika berkungjung ke desa Sambori bisa ikut berpartisipasi dalam permainan adata ini,
15
Ampa Fare
Upacara adat
Upacara adat ini dilakukan ketika masa panen hasil bumi, dalam pengembangannya dilakukan di lokasi Lengge dan Jompa yang berada di Dusun Lengge Desa Sambori, dalam pengembangannya upacara ini berbarengan dengan kareku kandei dan akan dilaksanakan dengan mengajak wisatawan untuk berpartisipasi.
16
Kani Ro Lombo
Pakaian adat
Kani Ro Lombo adalah tenunan masyarakat adat masyarakat Sambori, bisa berupa baju, sarung, ikat pinggang, tas, dompet dan lain-lain,
17
Waku (Lupe)
Kerajinan
Semua kerajinan ini bisa dijual oleh masyarakat sekitar, namun tidak di alokasikan tempat tertentu, mengingat tipologi masyarakat adat yang biasanya enggan untuk menempati tempat baru, jadi msayarakat menjual kerajian ini di depan rumah masing-masing
18
Saduku
Kerajinan
19
Kula
Kerajinan
20
Kula Baku
Kerajinan
21
Kaleru
Kerajinan
22
Dipi Fanda
Kerajinan
23
Doku
Kerajinan
24
Wonca
Kerajinan
25
Sarau
Kerajinan
26
Tare
Kerajinan
27
Sadopa
Kerajinan
28
Kale’a
Kerajinan
29
Tembe Nggoli
Kerajinan
Tembe Nggoli adalah sarung tenun khas masyarakat Bima (termasuk Sambori), yang dijual oleh masyarakat di rumahnya masing-masing (kios depan rumah)
30
Tapa Gala
Upacara adat
Upacara penyambutan tamu ini adalah upacara khas masyarakat Sambori ketika menerima tamu terhormat yang mengunjungi desa mereka, dalam pengembangannya upacara ini dilaksanakan di pintu masuk desa ketika wisatawan akan memasuki wilayah desa Sambori, dan dilaksanakan sebagai upacara penyambutan wisatawan. Disini wisatawan juga akan berpartisipasi dalam penyelenggaraannya, dengan cara peletakan bambu muda sepanjang 3 meter atau selebar jalan yang akan dileawati. Kemudian, seorang tetua adat memberikan sebuah parang kepada ketua rombongan tamu atau perwakilan wisatawan dan dipersilahkan untuk memotong bambu muda tersebut, sebagai simbol pintu sudah dibuka dan tamu akan dipersilahkan masuk dan berkunjung.

Wisata Budaya Desa Sambori Kab. Bima, Bagian I  Klik Disini

Santabe ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso


Ingin berlangganan via Facebook dan Twitter? Klik Tombol dibawah ini:


Share this article :

2 Komentar:

Meet Nangalere mengatakan...


caru ja ra baca ra tunti ke... baca ku tunti ndai muke ,,,na ngaha mboto ilmu manggato angi la'o rasa nadai ke... mboto poda pu ra ra adat nadai dara bade.. tarima kasi ...

Dou Mbojo mengatakan...

Semoga bermanfaat aka ndai kaso mena

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger