Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , , , » Mahkota Emas Kerajaan Bima

Mahkota Emas Kerajaan Bima


Mahkota Emas Kesultanan Bima, yang dibuat pada abad ke-18
oleh Panai Emas asal Wawo
Salah satu peninggalan berharga Kerajaan dan Kesultanan Bima adalah Mahkota Kerajaan yang terbuat dari lapisan Emas dan Berlian. Dibuat pada pemerintahan Sultan Bima ke-9, Sultan Abdul Hamid Muhammad Syah Dzifullah Fil Alam (1773 – 1817 M) abad ke 18.
Karakteristik emas dalam lapisan mahkota ini adalah berwarna merah, tidak sama dengan emas pada umumnya. Sedangkan berlian yang kerlap kerlip dalam mahkota itu merupakan berlian termahal di dunia yang lebih tinggi nilainya dari berlian Inggris. Sebelumnya memang sudah ada Mahkota kerajan dari perak, yang dibuat pada masa sebelum Sultan Abdul Hamid.

Mahkota seberat 600 gram itu dibuat oleh seniman Bima bernama La Nggadi, seorang Pandai Emas asal Wawo yang bergelar Bumi Ndede Masa. Mahkota kerajaan Bima pernah menjadi primadona pameran Kebudayaan Indonesia di Amerika tahun 1991, dan juga di festival budaya di Yogyakarta.
Saat ini peninggalan berharga itu disimpan dan diamankan di Museum Asi Mbojo Bima untuk keperluan Wisata Sejarah dan penelitian. Mahkota itu disimpan dalam fitrin yang tertutup kaca dan jeruji besi yang dijamin keamanannya karena merupakan situs dan peninggalan berharga yang dimiliki dunia pada abad ke-20 ini. Mahkota itu adalah kreasi putra terbaik Dana Mbojo yang akan terus menjadi saksi pasang surut sejarah bumi maja labo dahu. (alanmalingi)

Santabe ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page

Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger