Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , , » Masyarakat Lambu menyuarakan Pemekaran Bima Timur

Masyarakat Lambu menyuarakan Pemekaran Bima Timur


Kabupaten Bima - Pemekaran Bima Timur merupakan hajatan besar elemen masyarakat di wilayah Bagian Timur Kabupaten Bima, khususnya segenap elemen masyarakat di Kecamatan Lambu-Sape. Guna mempersiapkan rencana itu, Minggu (13/5). Masyarakat setempat secara resmi telah membentuk Komite Kecamatan. 
Pembentukan Komite Kecamatan Persiapan Pemekaran Bima Timur ini, berlangsung di aula Kantor Camat Lambu, yang disaksikan oleh Camat Lambu, Mustafa, S.Sos, M. AP, perwakilan DPRD Dapil IV dari Partai Golkar, Ir. H. Suryadin, seluruh Kepala Desa, PBD se- Kecamatan Lambu, TOGA dan TOMA serta unsur Pemuda dan Masyarakat Lambu. Ketua Panitia Pelaksana Pembentukan 

Komite Kecamatan Persiapan Pemekaran Bima Timur, Jasman, S.Pd, menjelaskan bahwa, pelaksanaan pembentukan Komite Persiapan Pemekaran Bima Timur untuk Kecamatan Lambu ini sesungguhnya hanya bermodalkan keberanian, ilmu yang sedikit, dan pengalaman yang sedikit. 
“Namun kami beranikan diri dengan bermodalkan keberanian dan niat yang tulus demi masyarakat banyak tanpa ada unsur kepentingan pribadi sedikitpun,” ucapnya. 

Untuk mewujudkan hal itu, tentu saja pihaknya sangat berharap dukungan dan sportivitas masyarakat demi tercapainya hajat yang cukup besar ini. Sebelumnya, kata dia, dalam rangka persiapan pemekaran Bima Timur telah di bentuk sejak tahun 2004 dimana pada tahun 2004 telah di bentuk Komite di tingkat Kabupaten. 
“Namun saya rasa untuk di tingkat kecamatan jika dibentuk komite per kecamatan itu lebih sangat ideal. Hal ini sebagai langkah awal untuk kita mengajak masyarakat secara umum, dimintai partisipasi dan dukungannya demi terwujudnya harapan kita semua yaitu pemekaran wilayah Bima Timur,” katanya. 

Menyusul pembentukan Komite Kecamatan Lambu, Jasmin mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bima di Bagian Timur, untuk menyatukan suara, satukan tekad dengan semangat kebersamaan demi terwujudnya Kabupaten Bima Timur yang bermartabat.

Sementara itu, Camat Lambu, Mustafa, S.Sos, M.AP, memberikan apresiasinya kepada masyarakat Lambu khususnya generasi muda yang dengan semangatnya dan bermodalkan keberanian dan niat yang tulus dan ikhlas demi masyarakat banyak, membentuk komite persiapan pemekaran Bima Timur. 
“Saya sangat mendukung kegiatan ini, saya mendukung pemekaran Bima Timur karena sesuai dengan UU No. 78 Tahun 2007 dimana syarat pembentukan sebuah wilayah didukung oleh 5 kecamatan. Jadi jelas bahwa Babupaten Bima sudah layak untuk dimekarkan, maka atas dukungan 5 kecamatan yang terdiri dari kecamatan Lambu, Sape, Wera dan Ambalawi serta Langgudu maka Pemekaran Bima Timur sudah layak,” tegasnya. 
Diakuinya, aturan tentang syarat pemekaran wilayah sudah ada, makanya dia meminta agar memanfaatkan aturan yang sudah ada itu. Camat Lambu berharap kepada Komite Kecamatan Lambu yang dibentuk, agar jangan ada penghianat dalam komite. 
“Dan saya juga berharap laksana¬kan tugas dengan tanggung jawab karena ini adalah sebuah amanat dan merupakan suara rakyat karena suara rakyat adalah suara Tuhan,” tegasnya. 

Kepada anggota DPRD Dapil IV yang dipilih oleh rakyat Wilayah Pemilihan Dapil IV, diminta untuk memperjuangkan Suara Rakyat ini dengan segala link-nya. Selain mendapat dukungan dari Camat Lambu, langkah yang ditempuh masyarakat Lambu, juga mendapat dukungan dari anggota DPRD DAPIL IV, Ir. H. Suryadin. Dirinya bahkan secara tegas telah berkomitmen untuk siap mendukung Pemekarana Bima Timur. Berdasarkan pantauan langsung Garda Asakota, pemilihan pengurus Komite Kecamatan Lambu persiapan Pemekaran Bima Timur sebelumnya terjadi kekisruhan karena adanya perbedaan pendapat dari forum rapat terkait mekanisme pemilihan bakal calon ketua, sekretaris dan bendahara Komite Kecamatan Lambu, dimana sebelumnya dilakukan secara aklamasi ditunjuk tiga orang bakal calon yaitu Jasmin, S.Pd, Matrik, dan Mursaidin, namun di tolak oleh sejumlah peserta forum dan mengusulkan agar bakal calon tidak dibatasi melainkan siapa saja yang mau maju untuk bakal calon diberikan kesempatan asalkan memenuhi syarat dan criteria antara lain, punya pengalaman dalam berorganisasi, punya waktu luang yang cukup, serta bukan PNS. 
Akhirnya disepakati dan pemilihan bakal calon diulang secara demokrasi melalui aklamasi akhirnya terpilih 9 bakal calon, yang antara lain Jasmin, S.Pd, Abdul Manan, Ir. Dahlan, Sakti, Ibrahim, Syamsudin, Matriks, Mursaidin, dan Muslim. 

Sebelum pemilihan dilanjutkan sesuai dengan kesepatan untuk dilakukan voting secara terbuka salah satu bakal calon langsung meninggalkan forum, dan dinyatakan gugur, hingga tersisa 8 bakal calon. Kemudian muncul lagi 5 bakal calon yang mengundurkan diri dari Calon Komite Kecamatan Persiapan Pemekaran Bima Timur, hingga tinggal 3 orang bakal calon antara lain Jasmin, S.Pd. Mursaidin, dan Muslim. Namun di penghujung agenda pemilihan, terjadi kesepatan forum untuk melakukan pemilihan Pengurus Komite Kecamatan mulai dari ketua sekretaris dan bendahara secara voting langsung, hingga akhirnya Jasmin, S.Pd terpilih menjadi ketua Komite Kecamatan Lambu persiapan Pemekaran Bima Timur, Mursaidin sebagai sekretaris dan Muslim sebagai Bendahara.

http://mediagardaasakota.blogspot.com/2012/05/masyarakat-lambu-bulatkan-rencana.html


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger