Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , , » Benteng Asa Kota, Sepenggal Sejarah dan Keindahan Lautnya

Benteng Asa Kota, Sepenggal Sejarah dan Keindahan Lautnya

Mengunjungi tempat bersejarah tentu sangatlah mengasyikan terlebih bila disuguhi panorama alam yang menakjubkan. Benteng Aso Kata, itulah namanya. Asa dalam bahasa Bima berarti mulut dan Kota berarti kota. Jadi Kota Bima - Asa kota adalah mulut Kota yang menjadi penghubung Bima dengan negeri-negeri lainnya.
Sebuah benteng yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda dalam usahanya menduduki kota Bima, NTT. Benteng Asa Kota terletak di Desa Punti Kecamatan Soromandi yang ditemukan sekitar tahhun 1908 (bersamaan dengan meletusnya Gunung Tambora).

Benteng Asa Kota ini terdiri dari batu bersusun yang dulu diambil dari berbagai tempat di daerah Bima. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesan kuat dan kokoh serta menandakan bahwa benteng ini dapat melindungi masyarakat Mbojo.
Barang peninggalan sejarah yang masih tersisa adalah Meriam Kuno yang disebut La Nggali Nggoma. La Nggali yang berarti mahal, dan Nggoma yang berarti kudis. Meriam ini merupakan meriam induk yang dipasang di sebelah Barat yang menghadap utara yaitu mengarah ke Asa Kota atau Pintu Masuk Kota di teluk Bima.
Meriam La Nggali Nggoma
Selain meriam kuno, disini kita juga bisa melihat bekas benteng pertahanan berupa susunan batu-batu yang terlihat sepanjang tebing pantai. Ompu Daga alias Ompu Nggambi adalah penguasa wilayah Benteng Asa Kota ini pada masa itu.
Tidak hanya cerita sejarahnya, daerah ini menyajikan keindahan pantai di sekeliling pulau. Melayangkan mata kea rah timur, anda akan terbuai dengan keindahan pantai So Ati yang berpasir putih. Di sebelah barat tampak tepian pantai di gugusan pegunungan Soromandi serta Candi Wadu Pa’a yang menjadi cikal bakal lahirnya kerajaan Bima. Di selatan pun masih terhampar pantai nan menakjubkan.

Jika ingin berkunjung kesana, anda dapat melalui jalur darat dan laut. Akan tetapi, jalur laut adalah jalur paling dekat. Hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan motor boat. Untuk berkeliling pun anda dapat menggunakan ojek atau bemo khas Bima.


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger