Home » , , , , , » Sejarah Singkat Lapangan Sera Suba Bima

Sejarah Singkat Lapangan Sera Suba Bima


Adakah yang tahu sejarahnya tanah lapang yang berada di pusat Kota Bima atau di sebelah barat Museum Asi Mbojo yang selama ini lebih kita kenal dengan nama "Lapangan Merdeka" ini dinamakan Sera Suba. Latar belakang penamaan lapangan Merdeka pun mungkin juga belum banyak orang yang mengetahui. Berikut sejarah atau latar belakang lapangan Sera Suba.

Tanah lapang itu memang bernama Serasuba. Sera berarti tanah lapang. Sedangkan Suba secara Harfiah berarti tombak yang dikonotasikan dengan perintah atau titah. Jadi Sera Suba adalah sebuah tanah lapang tempat memberikan perintah yang dilakukan oleh para Raja dan Sultan Bima secara turun temurun. Disamping itu, Sera  Suba juga menjadi tempat bersejarah bagi calon raja dan sultan, dimana Sera Suba menjadi tempat bagi mereka diuji sebelum memangku jabatan tertinggi di negara Bima pada masa itu. Dulu, masyarakat berkumpul di tanah lapang ini untuk berbagai acara seperti atraksi kesenian, adu ketangkasan, menerima perintah sultan dan pengumuman penting kerajaan.

Pada masa pergerakan kemerdekaan hingga Indonesia merdeka. Sera Suba betul-betul menjadi pusat pertemuan kalangan pejuang dan rakyat dengan Sultan. Di Tempat ini pula para pembesar-pembesar Belanda dan Jepang diterima sebelum memasuki Istana Bima. Salah satunya adalah penyambutan bersar-besaran rakyat atas kedatangan “ Saudara Tuanya “ Pemerintah Kolonial Jepang yang dipimpin Kalonel Saito pada tahun 1942. Di  tanah lapang inilah, Bendera merah putih dikibarkan untuk pertama kalinya di tanah Bima yang menandai dan menjadi saksi sejarah bahwa kesultanan Bima adalah yang pertama berdiri di belakang Republik Indonesia. Sehingga sejak saat itu tanah lapang ini bernama lapangan Merdeka Bima.


Sera Suba dan Lapangan Merdeka Bima sama-sama memiliki nilai historis yang luar biasa bagi perjalanan panjang Dana Mbojo. Akan sangat naif apabila tanah lapang yang bersejarah itu dimanfaatkan untuk minum minuman keras, tempat mesum dan hal-hal yang seronok. Mari kita jaga dan rawat Sera Suba sebagai aseet sejarah, aset budaya dan  aset bangsa untuk diwariskan nilai-nilai historis yang melekat dari tanah lapang itu.

Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Posting Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger