Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , , » DAK Bidang Pendidikan 2012 Dinilai Tidak Sinkron.

DAK Bidang Pendidikan 2012 Dinilai Tidak Sinkron.


Kota Bima - Sebagai dampak dari aturan rujukan yang masih tidak sinkron ini maka Alokasi Dana DAK Bidang Pendidikan 2012 belum dapat terlaksana. Demikian Sekretaris Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. Alwi Yasin, M.Ap., menyampaikan kepada BeritAnda.com di ruang kerjanya, Rabu (16/5/2012).
"Untuk itu kita mengharapkan adanya penjelasan teknis dari tiga Kementerian yaitu Kemendikbud, kemendagri, dan Kemenkeu," harap Alwi.
Terkait pelasanaan DAK Bidang Pendidikan 2012, Alwi mengatakan, adapun aturan rujukan yang dinilai masih tidak sinkron ini mencakup tentang pedoman pelaksanaan uang daerah, pedoman umum perencanaan dari pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa instansi pemerintah, serta petunjuk teknis (Juknis) DAK itu sendiri.
Lanjut Alwi, dalam juknis DAK menyebutkan bahwa pelaksanaan DAK Fisik SD/SMP 2012 adalah dengan pola swakelola. 
"Di mana tugas Pemerintah Kabupaten/Kota adalah menyalurkan dana DAK jelas-jelas melalui Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) setelah dilakukan penandatanganan surat perjanjian pemebrian dana bantuan," urainya.

Di lain pihak, kata Alwi, dana DAK saat ini berada pada DPA Dinas Dikpora. "Artinya PPKD tidak mungkin melakukan penyaluran melainkan harus terlebih dahulu pengalihan alokasinya ke dana bantuan hibah DPA PPKD," kata Alwi.

Konsekuensinya, lanjut Alwi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Dikpora tidak berani mengambil langkah yang lebih jauh. Karena, jika PPK Dikpora melaksanakan salah satu aturan, menurut Alwi, akan bertabrakan atau tumpang tindih dengan aturan yang lain. Sedangkan, pelaksanaan pelelangan DAK 2012, ujar Alwi, harus terlaksana dalam tahun ini.

Alwi memprediksikan kalau pelelangan DAK 2012 melalui LPSE itu akan menemui kesulitan, terlebih-lebih lagi proses pencairan dananya. Menurut Alwi, semestinya hal ini sudah ada pembahasan tuntas di saat perencanaan sebelum juknis keluar September 2011. (beritanda)


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info_Mbojo
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger