Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , » 8 UPK PNPM-MP Kabupaten Bima Ikuti Pelatihan UPK Tahun 2012

8 UPK PNPM-MP Kabupaten Bima Ikuti Pelatihan UPK Tahun 2012


Sebanyak 8  UPK PNPM-MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan) terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara telah mengikuti Pelatihan UPK ( Unit Pengelola Kegiatan ) baru tahun 2012 di Hotel   La Ila Kota Bima selama 3 hari (14 s/d 16 Mei 2012).  
Kabupaten Bima  untuk tahun ini dalam pelaksanaan kegiatan PNPM-MP,  mampu menyerap kucuran dana yang disebar di 8 Kecamatan sebesar Rp. 19,2 Milyar.Dana tersebut diberikan kepada 8 Kecamatan dengan jumlah bantuan masing-masing  Kecamatan tidak sama, bahkan ada 2 Kecamatan dengan Anggaran kurang dari 2 M yaitu Kecamatan Ambalawi dan Beloyang hanya mendapatkan kucuran Dana masing - masing sebesar Rp.900.000.000,-.
Pelatihan UPK baru tersebut hanya diikuti  8 Kecamatan saja dari berbagai Kecamatan se Kabupaten Bima, yang mendapatkan kucuran dana dari PNPM-MP tahun 2012,”.

Sebenarnya program pemerintah yang diberi nama PNPM bukan program baru akan tetapi program tersebut merupakan kelanjutan dari Program Pemerintah yang dikenal masyarakat luas yakni PPK (Program Pengembangan Kecamatan). Dimana program tersebut sudah dimulai sejak tahun 1998 silam,” Jelas  Roekly El Diwani  selaku Ketua UPK Kecamatan Ambalawi  pada Berita Warta Mandiri .usai mengikuti pelatihan UPK baru di Hotel La Ila (Senin, 14/05/2012)

Ditambahkan oleh M. Syafi'i  Ketua UPK Kecamatan Sape, bahwa pelaksanaan pelatihan untuk UPK baru kali ini merupakan penambahan wawasan tentang PNPM-MP dan sekaligus pemberian bekal pengurus UPK dalam menjalankan tugas yang penuh pengabdian pada masyarakat miskin, bagaimana tidak demikian adanya mas, ” Wong tugas PNPM-MP ini digaris besarkan untuk menguatkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Miskin atau biasa dikenal dengan RTM (Rumah Tangga Miskin),”.
PNPM-MP merupakan program Pemerintah yang sudah disempurnakan dari program–program sebelumnya, dimana PNPM-MPd akan mengelola 2 jenis kegiatan yang disebut Program Ekonomi dengan  SPP ( Simpan Pinjam Khusus Perempuan ) dan Non Ekonomi sepertihalnya pemberian makanan tambahan bagi BALITA dan LANSIA, Pelatihan-pelatihan Ketrampilan warga , Pemberian Beasiswa pada murid kurang mampu dan berprestasi,Adapula kegiatan yang mengacu pada pembangunan fisik seperti Jalan, Jembatan, Plengsengan, dan Gedung Sekolah Taman Kanak-Kanak yang dikelola Desa. (ruklidiwani)


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info_Mbojo My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger