Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , » Mistery Pendaki Pertama Mencapai Puncak Everest

Mistery Pendaki Pertama Mencapai Puncak Everest


Menonton “The Wildest Dream - Conquest of Everest", sebuah film dokumenter tentang kisah seorang petualang (pendaki) yang bernama Leigh Mallory, membuat saya kembali teringat pada beberapa tahun ke belakang ini tentang kembali munculnya perdebatan mengenai First Climber on Everest. Apakah betul George Leigh Mallory (38) dan Andrew “Sandy” Irvine (22) telah mencapai puncak Everest pada Expedisi tahun 1924 itu?. Dua puluh delapan tahun lebih awal dari pendakian Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay yang saat ini masih tercatat sebagai pendaki Everest pertama (1953).
George Leigh Mallory memimpin team ketiga dari Inggris Raya bersama Irvine dan photographer Noel Odell pada 6 Juni 1924 dengan ekspedisi bernama The British Expedition 1924. Dengan membawa botol oxygen Asparratus (yang disediakan oleh irvin yang memang mahasiswa jurusan kimia yang diajak oleh Mallory) cadangan mereka mendaki di musim moonson yang terkenal sangat berbahaya. Setelah dua hari pendakian, Odell yang memang tinggal di base tertinggi sempat melihat mereka mendaki pada sisi utara Everest, tapi pandangannya lalu terhalang awan dan cuaca yang selalu berubah-ubah. Itulah saat terakhir mereka terlihat hingga akhirnya hilang di telan salju abadi Everest.
75 tahun kemudian tepatnya ditahun 1999, Thom Pollard dari Everests Speakers Bureau mencoba memaparkan bukti-bukti kuat yang didapat dari Mallory & Irvine Research Expedition (MIRE 1999) dan meneliti posisi terakhir saat duo Pendaki Inggris tersebut hilang. Sejumlah geologist, ahli sejarah, pendaki serta sherpa terbaik turut tergabung dalam misi ini.

Jenazah Mallory ditemukan pada ketinggian diatas 27.000 kaki, membeku di bebatuan beberapa ratus meter sebelum puncak dari jalur utara (North Face). Di sekitarnya terdapat peralatan lain seperti Vest Pocket Camera (Kodak), Altimeter, Jam tangan, Pisau, Tali panjat, Botol oxygen dan Kacamata salju. Semua benda itu dikumpulkan lalu dianalisa secara teliti, sayangnya Team MIRE ini tidak menemukan rol film yang telah digunakan karena diduga Mallory terjatuh saat pendakian turun hingga mengalami patah tungkai kaki dan luka dikepala. Bukti kuat lainnya adalah kapak es milik Irvine yang ditemukan tahun 1933 serta beberapa kertas memo untuk Capt. Noel Odell, rekan satu teamnya yang terakhir melihat Mallory dan masih hidup sekarang. Melihat buku catatan pribadi yang masih utuh disaku Mallory, para peneliti semakin yakin bahwa Mallory telah menaruh foto istrinya Ruth setelah mencapai puncak seperti yang dituturkan sebelumnya kepada Odell, namun posisi ditemukannya Mallory yang tetap dirahasiakan.

Ekspedisi besar ini, akhirnya menjawab misteri pendaki pertama Everest serta pengakuan langsung bagi pendaki sekaliber Mallory. Eric Simonson Team Leader MIRE 1999 mengatakan “Mallory can from this day forward rest in peace” disertai senyum mengembang tanda keberhasilan Teamnya..
Seperti menjadi jawaban yang melegenda dari Mallory ketika ditanya oleh jurnalis New York Times “Mengapa mendaki Everest?” jawaban yang simple tapi sangat bermakna: “Because it’s there“ (Karena disanalah adanya), tiga kata yang mungkin menjadi lebih terkenal dari Mallory sendiri, mengesankan rasa kengerian dalam diri Mallory.

Misteri yang selalu menjadi pertanyaan bagi para pendaki, yang mungkin beberapa dari mereka ingin sebuah kepastian sejarah tentang siapa pendaki pertama yang menyentuh puncak bumi tersebut, namun mungkin beberapa lainnya tidak menganggap itu hal yang penting, bagi mereka siapapun yang pertama kali berhasil menaklukan Everest adalah biarkan tetap menjadi misteri seperti kemisteriusan puncak everest yang selalu menjadi daya pikat utama bagi para pendaki untuk menaklukannya walaupun dengan menantang maut untuk sampai disana.



Terinspirasi setelah saya menonton Film Dokumenter “The Wildest Dream - Conquest of Everest"




Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger