Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , » Kelompok PP3A Oi Seli Wawo Raih Kalpataru

Kelompok PP3A Oi Seli Wawo Raih Kalpataru


Kabupaten Bima - Kabupaten Bima telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup. Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan Kalpataru 2012 pada Kelompok KP3A ”Oi Seli Ncai A’u” Desa Maria Utara Kecamatan Wawo. 
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bima Drs. H. Moh. Mawardi, MT memaparkan, kategori yang diraih kelompok adalah Kategori Penyelamat Lingkungan yang diberikan kepada kelompok masyarakat, baik informal maupun formal yang berhasil melakukan upaya-upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan dan pencemaran (penyelamatan) lingkungan hidup.

Katanya, penghargaan itu diserahkan secara langsung Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono pada acara puncak peringatan Hari Lingkungan  Hidup Se-Dunia 5 Juni 2012 di Istana Negara Jakarta. Anugerah Kalpataru, lanjut Mawardi  merupakan bentuk apresiasi pemerintah  kepada warga atau kelompok masyarakat yang menunjukkan kepeloporan luar biasa dan memberikan sumbangsihnya dalam  mendorong dan meningkatkan pada pelestarian lingkungan hidup, khususnya dalam mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan.
Beberapa kegiatan yang telah mengantarkan kelompok ini meraih Kalpataru yaituan sebagai pemberdaya dan pengalir sumber Mata Air “Oi Seli Ncai A’U” secara swadaya bagi Pengairan lahan kering Tadah hujan Desa Maria Utara, Desa Maria, Desa Ntori dan Desa Pesa.
Disamping dapat memenuhi Kebutuhan alternatif aneka ragam hayati bagi masyarakat Desa Maria Utara, Desa Maria, Desa Ntori dan Desa Pesa, serta Kebutuhan air bersih dan penyehatan lingkungan masyarakat Desa Maria Utara, Desa Maria, Desa Ntori dan Desa Pesa.
Kiprah nyata lainnya kelompok ini menurut Mawardi adalah sebagai pelestari  12 sumber mata air dalam perlindungan dan pelestari Sumber mata air dengan cara menghijaukan 500 Ha sumber mata air dengan tanaman pelindung dan tanaman produktif. Disamping itu, Kelompok KP3A ”Oi Seli Ncai A’u dengan menyelamatkan tanah kritis dengan pembibitan tanaman umur panjang atau tanaman tahunan dan melakukan penghijauan. (suaramandiri.net)

Santabe ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso



Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page
Share this article :

2 Komentar:

nomor 81 mengatakan...

blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

Dou Mbojo mengatakan...

Amin, terimakasih

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger