Home » , , » Rakor PNPM MPd Akhir Bulan Digelar untuk Evaluasi Kerja

Rakor PNPM MPd Akhir Bulan Digelar untuk Evaluasi Kerja

Kabupaten Bima - Rapat Koordinasi (Rakor) akhir bulan digelar di Sekretariat Fasilitator Kabupaten (Faskab) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MPd) Kabupaten Bima, Senin (28/5). Rakor itu untuk membahas dan mengevaluasi kerja di masing-masing kecamatan.


Koordinator Faskab PNPM MPd Kabupaten Bima, Mansyur, mengatakan Rakor seperti ini rutin dilaksanakan setiap awal dan akhir bulan. Hal ini diperlukan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program. Hasil pemantauan dan evaluasi yang dilakukan sebelumnya, dibahas dalam Rakor ini. Jika ada temuan masalah, maka akan dicari solusinya, sebaliknya bila positif, bagaimana bisa dicontoh bersama.
“Ketika Rakor awal bulan dilakukan, maka sekitar 20 hari setelah rakor awal bulan itu dibahas dalam Rakor akhir bulan,” ujarnya di Sekratariat Faskab PNPM MPd Kabupaten Bima, Senin (28/5).


Selain hasil pemantauan dan evaluasi dari Faskab, kata Mansyur, juga membahas hasil dari Provinsi. Hasil temuan tim provinsi selanjutnya disampaikan dalam Rakor.
Di antara hasil pantauan provinsi di Kabupaten Bima, kata dia, adalah kegiatan dengan anggaran 2011 yang belum tuntas. Seperti di Desa Wilamaci dan Sondo. 


Sesuai aturan, jika kegiatan belum juga selesai dilaksanakan paling telat tiga bulan setelah berakhirnya anggaran, maka dananya dikembalikan ke kas Negara. 
“Sekarang kami masih menunggu bagaimana mekanisme pengembaliannya,” ujarnya.


Evaluasi kegiatan juga, kata dia, berkaitan  masalah pelatihan. Modul yang digunakan, sepenuhnya mengacu pada provinsi. Padahal, diharapkan ada modul lokal digunakan dalam pelatihan. “Provinsi juga menyoroti terkait dengan laporan,” katanya.


http://pnpmkabbima.blogspot.com/2012/05/rakor-pnpm-mpd-akhir-bulan-digelar.html





Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Posting Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger