Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , » Kenapa Pantai itu Diberi Nama Amahami (Ama Hami)?

Kenapa Pantai itu Diberi Nama Amahami (Ama Hami)?


Warga Bima sangat akrab dengan Pantai Amahami (Ama Hami). Pantai tersebut adalah tempat favorit dari sebagian besar warga Kota Bima untuk melewati sore sambil meminum kopi dan bercengerama bersama teman, keluarga dan juga pacar. Dimana pantai ini secara lokasi dan aksesbilitas sangat dekat dengan pusat Kota Bima itu sendiri. dari pusat kota dengan menggunakan sepeda motor paling tidak membutuhkan waktu maksimal 10 menit. Di lokasi tersebut sekarang banyak tersedia makanan dan minuman yang terseduia untuk pengunjung Pantai Amahami. 

Namun, banyakkah dari kita mengetahui asal-usul nama tempat tersebut (Pantai Amahami/Ama Hami)?"
Kita hanya akrab dengan namanya, namun banyak dari kita tidak mengetahui latarbelakang dari nama pantai tersebut. Dengan menggali informasi asal usul nama tempat tersebut dan menuliskannya dalam bentuk berita, maka publik akan tahu sejarahnya. Awalnya, daerah yang dikenal dengan Amahami itu, bernama Lewi Sepi. Itu berdasarkan keterangan dari warga setempat. 

Lihat Pantai Ama Hami dalam skala besar
Sementara Amahami nama aslinya adalah Kanti. Dahulu bermukin di pinggir pantai. Kanti memiliki seorang anak bernama Hamid. Dalam tradisi Bima orang yang bernama Hamid disapa Hami. Sementara orang tua kerap disapa dengan nama anaknya, seperti Kanti disapa Ama La Hami berarti bapaknya si Hamid. Warga Lewi Sepi sendiri tidak tahu mengapa masyarakat Bima kemdian lebih akrab dengan nama Amahami, padahal lingkungan itu memiliki nama sendiri.




Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger