Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , » Protes SOPA, Facebook dan Twitter Tak Ikut Blackout

Protes SOPA, Facebook dan Twitter Tak Ikut Blackout

Protes terhadap undang-undang anti pembajakan SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) tampaknya tidak mendapat dukungan penuh dari para pemain besar di ranah internet.
Ajakan melakukan blackout atau mematikan situs selama satu hari penuh ditujukan kepada Google, Facebook, Twitter dan situs besar lainnya. Namun partispan terbesar dalam aksi ini adalah ensiklopedia online Wikipedia dan situs social-news Reddit.
Situasi ini, seperti dilansir Fox News, Kamis (19/1/2012), memperlihatkan bahwa meski perusahaan teknologi menentang undang-undang ini, namun tidak semua dari mereka siap mengorbankan satu hari untuk mematikan situs sebagai wujud protes.

Wikipedia, Reddit dan ribuan situs lainnya bergabung melakukan blackout. Website mereka tidak bisa diakses selama 24 jam--Rabu waktu Amerika Serikat. Saat dikunjungi, situs tersebut menampilkan seruan protes dan memberikan tautan untuk bersuara memberikan dukungan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan ketidaksetujuannya jika SOPA dan PIPA disahkan melalu sebuah postingan di akun Facebooknya. Postingan ini langsung menarik perhatian 250 ribu pengguna untuk menandai 'Like' dan berkomentar.

Di antara para komentator tersebut, banyak yang berpendapat opini Zuckerberg tidak ada artinya jika tidak disertai tindakan nyata. Menurut mereka, jika Facebook benar-benar menentang SOPA, seharusnya raksasa jejaring sosial ini mematikan situs mereka seperti Wikipedia.

Twitter dan Google pun demikian, kedua situs besar ini merasa tidak perlu sampai mematikan operasional mereka. CEO Twitter Dick Costolo memiliki pandangan lain soal ini. Dalam akun Twitternya mengkritik aksi Wikipedia, Costolo beranggapan menutup bisnis global untuk menanggapi masalah politik dalam negeri adalah tindakan bodoh.

Sementara Google, protes dilakukannya dengan memberi tanda kotak hitam seperti sensor pada logo Google di mesin pencariannya. Ketika diklik, kotak hitam tersebut mengarahkan pengguna ke berbagai tautan yang memuat informasi mengenai SOPA dan PIPA. (detikinet)

Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info_Mbojo
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger