Home » , » Tips Hemat Untuk Backpacker

Tips Hemat Untuk Backpacker

Untuk yang memiliki hobi backpacker, berhemat tentu sangatlah wajib untuk dilakukan. Begitu banyak godaan di perjalanan yang memancing kita untuk mengeluarkan uang. Untuk itu diperlukan kiat untuk menyiasati agar uang tetap utuh selama menjadi backpacker.


Untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan:


1. Tujuan Perjalanan
Rencanakan tujuan perjalanan anda dengan baik. Jika anggaran terbatas, sesuaikan perjalanan anda dengan budget yang anda miliki. Sebagai contoh, bila berniat backpacker ke luar negeri, Anda bisa memilih Thailand daripada Perancis. Biaya hidup selama 3 bulan di Thailand tentu akan lebih murah dari biaya hidup jika tinggal selama 3 bulan di Perancis.


2. Makanan dan Minuman
Batasi pengeluaran perjalanan dengan menghemat makan dan minum. Ada beberapa cara untuk menghemat pengeluaran makan, pertama, tidak perlu makan siang, cukup makan pagi dan malam saja. Makan pagi bisa dilakukan menjelang siang dan makan malam lebih cepat dari biasanya. Cara kedua adalah menginap di penginapan yang menyediakan sarapan pagi.


3. Transportasi
Selalu gunakan angkutan umum masal, seperti bis dan kereta. Hindari menggunakan taksi, karena akan menguras isi kantong Anda. Jika memungkinkan, berjalan kakilah. Dengan berjalan kaki, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran untuk transportasi. Selain itu, Anda bisa lebih mengenal kawasan yang dikunjungi, dan terhindar dari tersesat.

4. Penginapan
Menginap di penginapan sederhana, hostel atau losmen dan dekat dengan kawasan wisata. Dengan menginap di dekat kawasan wisata, tentu Anda tidak perlu banyak keluar biaya ketika akan berkunjung, dan Anda pun tetap hemat. Pesanlah penginapan jauh-jauh hari agar Anda punya banyak pilihan tempat murah. Namun jika memesan penginapan yang mengharuskan uang muka, hati-hati dengan rencana liburannya. Jangan sampai batal, sehingga uang Anda hangus.


5. Tempat Wisata
Kunjungi tempat wisata yang tidak mahal biaya masuknya atau mungkin gratis, seperti pantai dan taman kota. Perhatikan pula waktu-waktu kunjungan khusus yang menawarkan tiket masuk lebih murah.


6. Bawa Uang Tunai
Sebaiknya Anda membawa uang tunai dan sebisa mungkin tidak menggunakan ATM. Dengan membawa uang tunai, Anda bisa lebih mengontrol pengeluaran yang akan dilakukan. ATM pada satu sisi menggoda kita untuk membelanjakan uang lebih saat berjalan-jalan.

7. Jaga Barang Bawaan
Pastikan barang-barang yang Anda bawa tidak hilang. Kehilangan barang seperti kamera, bisa menghabiskan sebagian simpanan yang dimiliki, untuk mengganti barang yang hilang dengan yang baru.


8. Bahasa
Pelajari bahasa lokal tempat tujuan perjalanan Anda. Ketika berbelanja, biasanya Anda bisa memperoleh potongan harga bila menggunakan bahasa lokal. Ini cukup membantu untuk menghemat pengeluaran.

Share this article :

0 Komentar:

Posting Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger