Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , , , , » Tarian Bima: Tari Wura Bongi Monca

Tarian Bima: Tari Wura Bongi Monca

Seni budaya tradisonal Bima berkembang cukup pesat pada masa pemerintahan sultan Abdul Kahir sirajuddin, sultan Bima ke-2 yang memerintah antara tahun 1640 -1682 M. Salah satunya adalah Tarian Selamat Datang atau dalam bahsa Bima dikenal dengan Tarian Wura Bongi Monca. Bongi Monca adalah beras kuning. Jadi tarian ini adalah Tari menabur Beras Kuning kepada rombongan tamu yang datang berkunjung.

Tarian ini biasa digelar pada acara-acara penyambutan tamu baik secara formal maupun informal. Pada masa kesultanan tarian ini biasa digelar untuk menyambut tamu-tamu sultan. Tarian ini dimainkan oleh 4 sampai 6 remaja putri dalam alunan gerakan yang lemah lembut disertai senyuman sambil menabur beras kuning kearah tamu, Karena dalam falsafah masyarakat Bima tamu adalah raja dan dapat membawa rezeki bagi rakyat dan negeri.

Alat musik pengiring tarian ini adalah 2 buah Gendang besar, 1 Gong, 1 Tawa-tawa, dan 1 Sarone (Sejenis alat musik yang menyerupai seruling  tapi terbuat dari daun lontar ). Saat ini, tarian Wura Bongi Monca telah banyak mengalami perubahan dan kreasi. Iramanya dibuat lebih atraktif yang dipadukan dengan gerakan yang cukup dinamis dari pada aslinya yang menyerupai Tari Lenggo dengan gerakan yang lamban dan gemulai.( Baca catatan Tari Lenggo Titipan Keluguan Zaman untuk Generasinya.).

Tarian ini tergolong cukup eksis hingga kini. Disetiap acara terutama penyambutan tamu dan acara-acara resmi Pemerintahan baik di kota maupun Kabupaten Bima terian ini biasa digelar. Mudahan-mudahan tarian Wura Bongi monca sebagai salah satu warisan peradaban Bima ini tetap eksis sepanjang Zaman dan terus terwarisi darei generasi ke generasi. (Alan Malingi)


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info_Mbojo My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger