Home » , , » Pasca-Banjir Petani di Bima Berupaya Selamatkan Tanaman

Pasca-Banjir Petani di Bima Berupaya Selamatkan Tanaman


Kabupaten Bima - Ribuan hektar lahan pertanian padi dan bawang merah siap panen terancam puso menyusul banjir bandang yang menyapu lima kecamatan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu kemarin. Kerugian petani ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Pemantauan Metro TV, Ahad (27/5), petani di lima kecamatan, yakni Kecamatan Belo, Palibelo, Woha, Langudu, dan Kecamatan Monta, mulai membersihkan lahan yang terkena banjir bandang. Mereka membersihkan sisa sampah yang masih ada di lahan padi yang terancam puso. Petani berharap sisa tanaman mereka yang siap panen beberapa hari lagi, masih bisa diselamatkan. Dengan begitu, kerugian mereka bisa sedikit berkurang.
Akibat gagal panen itu petani rata-rata merugi puluhan juta rupiah per-orang. Petani berharap bantuan dari pemerintah. Sebab, meski gagal panen, petani harus tetap membayar pinjaman modal usaha mereka kepada bank atau rentenir.


Banjir bandang di Kabupaten Bima terjadi Sabtu kemarin. Banjir menyapu ribuan hektare lahan pertanian dan sejumlah rumah warga. Banjir itu terjadi akibat meluapnya Dam di Kecamatan Belo, seiring maraknya penebangan liar di hutan yang ada di wilayah Kecamatan Belo dan Langudu.

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/05/27/151777/Pasca-Banjir-Petani-di-Bima-Berupaya-Selamatkan-Tanaman/6


Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Posting Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger