Wunga Loading... Kalembo Ade
Home » , , » Aliran Dana Reboisasi Dipertanyakan

Aliran Dana Reboisasi Dipertanyakan


Kabupaten Bima - Kesatuan Mahasiswa dan Pemuda Peduli Lingkungan (KMPPL) Bima Rabu kemarin menggelar aksi di depan kantor Kehutanan Kabupaten Bima. Mereka mempertanyakan aliran dana reboisasi yang diberikan sejumlah perusahaan yang telah menebang hutan pada daerah.

Baru beberapa saat berorasi, aksi yang dikawal ketat anggota Polres Bima Kota itu akhirnya diterima Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Bima Ir. Tamrin. Koordinator Aksi, Muh. Yadin dihadapan Ir. Tamrin dan sejumlah pegawainya mengatakan, setelah mendapatkan Ijin Penebangan Kayu (IPK) dari Dinas Kehutanan, perusahaan leluasa menebang hutan. Namun setelah itu, kewajiban menanam kembali atau reboisasi, diabaikan.
Menurutnya, lahan pada wilayah yang ditebang konidisinya memperihatinkan atau tidak ditanam kembali. Padahal sudah menjadi kewajiban perusahaan bersangkutan untuk menyerahkan dana ke Daerah untuk program penanaman kembali atau melakukan penanaman sendiri. “Kemana uang itu, sudah diserahkan ke Daerah atau tidak. Jika sudah, kenapa daerah melalui Dinas Kehutanan Kabupaten Bima tidak melakukan reboisasi,” tanyanya.

Dikatakannya, dana yang sudah diserahkan perusahaan untuk reboisasi harus dgunakan secepatnya untuk mengembalikan kondisi wilayah hutan yang sudah banyak ditebang. Jika tidak, maka akan mengancam kehidupan warga di sekitar hutan.
Dihadapan mahasiswa, Tamrin menjelaskan, dana yang dipertanyakan massa sudah diterima daerah, namun dana tersebut  sudah diserahkan kembali ke pusat. Setelah itu, diturunkan kembali ke daerah dalam bentuk Kebun Bibit Rakyat (KBR).

Diakuinya, dana tersebut sudah dipergunakan untuk kepentingan reboisasi dibeberapa wilayah di Tambora, seperti di Kawinda To’I, Oi Saro dan Labuan Kananga. “Selain reboisasi menggunakan program KBR itu, ada juga beberapa perusahaan lain yang perduli dan melakukan penanaman sejuta phon pada sejumlah wilayah di Tambora,” jelasnya.

Tamrin menampik adanya dugaan dari massa aksi yang menuding jika dana untuk reboisasi tidak digunakan sebagaimana mestinya. Karena sudah menjadi kewajiban CV mengganti penebangan pohon dengan dana untuk reboisasi.

http://www.suaramandiri.net/2012/05/aliran-dana-reboisasi-dipertanyakan.html



Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info Mbojo


My Great Web page
Share this article :

0 Komentar:

Poskan Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger