Home » , , , , , , , » Demo Granat di Makasar Bakar Foto Bupati Bima Ferry Zulkarnain

Demo Granat di Makasar Bakar Foto Bupati Bima Ferry Zulkarnain

Puluhan mahasiswa asal Bima berunjukrasa di jembatan fly over, Makassar Rabu, (18/1/2012) kemarin. Aksi dilakukan sebagai bentuk kecaman terhadap aparat kepolisian yang melakukan kekerasan di Pelabuhan Sape, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, terkait penolakan keberadaan tambang emas di sape dan atas tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat ketika pembubaran paksa, beberapa waktu yang lalu.

Aksi mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Anti Tambang, (Granat) ini diawali dengan melakukan orasi secara bergantian. Setelah itu, beberapa pengunjukrasa kemudian menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan kekerasan polisi terhadap warga setempat.

Dalam teaterikal itu diperlihatkan bagaimana polisi menyereta paksa warga Sape di Kabupaten Bima, yang nyata-nyata sedang mempertahankan haknya dengan menolak keberadaan tambang di tempat mereka. Beberapa adegan juga dilakukan dengan penyiksaan kepolisian terhadap warga dengan menggunakan senjata laras panjang.

Usai melakukan teaterikal, pengunjuk rasa kemudian membakar foto Bupati bima, yang diletakkan diatas keranda mayat. Pembakaran keranda dan foto disimbolkan, bahwa pemerintahan Bima telah mati karena tidak mendengarkan aspirasi rakyat.

“Pemda Bima lebih mementingkan para kapitalis asing yang akan menanamkan investasinya di Bima daripada rakyatnya sendiri,” tegas Rangga, Kordinator Aksi Granat.

Terkait dengan kekerasan di Sape, Mereka mendesak Kapolri Jenderal Timur Pradopo untuk membebaskan seluruh warga yang ditetapkan sebagai tersangka kasus tersebut. Mereka juga meminta Komnas HAM untuk mengusut para pelaku pelanggar HAM yang dilakukan polisi terhadap warga. (seruu)

Follow Twitter @Info_Mbojo & Facebook Info_Mbojo
Share this article :

0 Komentar:

Posting Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger