Home » , , » Makanan Sehat Saat Berpuasa

Makanan Sehat Saat Berpuasa


Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk ‘karbohidrat kompleks’ seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan dicerna lebih lambat.
Selain makanan ‘karbohidrat kompleks’, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi. Agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Teh dan kopi yang bersifat diuretic (menyebabkan buang air kecil terus menerus) sebaiknya dihindari selama puasa agar tidak dehidrasi. Buah yang bisa Anda nikmati selama puasa adalah pisang karena tinggi potassium, magnesium, dan karbohidrat.

Untuk berbuka, cobalah konsumsi kurma sebanyak 3 butir. Kurma merupakan sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium dan telah direkomendasikan sejak zaman Nabi Muhammad (saw) sebagai cara yang baik untuk berbuka puasa, karena Kurma mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Kalau sudah tahu jenis-jenis makanan yang sebaiknya dimakan saat puasa, maka rasa lapar lelah yang mendera saat berpuasa bisa terhindarkan.

Aneka sayuran hijau dan berwarna
Ada tiga sayuran yang mudah ditemukan dan khasiatnya luar biasa, yaitu bayam, wortel dan brokoli. Tiga sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin B yang baik untuk kesehatan. Dapat diolah menjadi berbagai menu, mulai tumisan, jus, hingga salad.

Daging merah dan ikan-ikanan
Konsumsi juga daging merah dan ikan agar kebutuhan protein Anda tercukupi. Khususnya untuk daging, pilih bagian yang tidak terlalu banyak lemak, sehingga Anda masih dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh.

Susu dan produk susu lainnya
Susu adalah sumber kalsium yang baik. Susu juga punya manfaat lain yaitu bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi karena kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls syaraf dan menstabilkan detak jantung.

Whole Wheat Products
Produk-produk whole wheat biasanya dapat dinikmati dalam bentuk roti atau sereal. Produk makanan ini kaya akan selenium yang membantu memperbaiki sel-sel kulit dan meregenerasinya.

Buah-buahan segar
Buah-buahan menyediakan aneka nutrisi yang melimpah, mulai dari vitamin hingga mineral yang tentu dibutuhkan tubuh sepanjang hari. Terutama yang kaya akan vitamin C seperti jambu, jeruk, apel, nanas, semangka, melon yang memberikan suntikan sehingga membantu metabolisme tubuh.
TIPS:
Agar lambung tidak kaget, baiknya tidak langsung mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Awali dengan yang manis dan hangat terlebih dahulu. Selamat menunaikan ibadah puasa. (detikfood.com & vemale.com)

Santabe ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso


Ingin berlangganan via Facebook dan Twitter? Klik Tombol dibawah ini:


Share this article :

1 Komentar:

lisamona mengatakan...



SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI WWW(dot)MEDIAQQ(Dot)COM

Semuanya hanya ada di MEDIAQQ

Kami menyediakan 7 jenis permainan ni:
1. PLAY AduQ
2. BANDAR POKER
3. PLAY BANDARQ
4. CAPSA SUSUN
5. PLAY DOMINO 99
6. PLAY POKER
7. SAKONG

Untuk masalah deposite dan withdraw kami minimal 15.000 ribu saja.
Dengan 15.000 ribu saja sudah bisa bermain 7 game tersebut
dan mencoba hoki masing-masing lo.
Dan kami akan memproses Deposite dan Withdraw
cuma dengan waktu kurang dari 5 menit, bagaimana cepat kan bosku.

MEDIAQQ juga menyediakan layanan live chat 24 jam nonstop.
Jika bosku mengalami kesulitan dalam mendaftar atau kurang mengerti.
Anda dapat menghubungi kami melalui livechat,BBM,SKYPE atau pun Facebook.
Kami akan siap 24 jam bosku untuk melayani anda
dan mengatasi semua keluhan anda.

Kami juga mempunyai macem-macem bonus bosku:
1. BONUS TURN OVER 0.3%
2. BONUS REFFERAL 20%

yuk buruan daftarkan diri anda ke website kami di www(Dot)MEDIAQQ(Dot)com


Posting Komentar

Santabe, ta komentar mena, bune kombi menurut ndai kaso ta re

 
Support : Forum Dou Mbojo | Tofi Foto | Info Mbojo
Copyright © 2007. Mbojo Network, Berita dan Informasi Bima Dana Mbojo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Dominion Rockettheme
Proudly powered by Blogger